Sabtu, 04 April 2009

Meong Meong Dong Alih Je Bikule

Meong-meong dong alih je bikule
Bikul gede-gede, buin mokoh-mokoh
Kereng pesan ngerusuhin......
Tadi pagi saya diminta tutor-tutor ISCO Depok untuk mengajar anak-anak kelas 1 menyanyi lagu daerah. Mereka minta saya mengajar lagu daerah Bali yang tidak susah tapi enak didengar. Saya jadi ingat masa kecil nyanyi lagu Meong-meong dengan teman-teman, atau dengar lagu ini didendangkan orang tua waktu leyeh-leyeh ngantuk. Waktu saya tuliskan lirik lagu ini, saya seperti menulis satu-satu memori masa kecil.
Lagu ini lalu dinyanyikan bareng-bareng dengan semua tutor. Mereka bahkan rekam suara saya supaya tidak lupa nadanya. Kata Kak Nur, supaya nanti bisa diajarkan ke anak-anak lain. Saya jadi terharu sekali. Menyadari bahwa singkatnya lagu meong-meong itu sudah menjadi perwakilan dari keragaman dalam sanggar kami yang kecil.
Tidak bisa saya sembuyikan senyum saya ketika Dewi yang logat Sundanya sangat kental menyanyikan lagu ini. Ketika mengatakan je dia malah melafalkannya dengan jeung.
Pertemuan kami hari ini diakhiri dengan doa. Dan lirik lagu meong meong sudah dicatat dalam buku tulis masing-masing anak. Minggu depan Kak Nur mau tes mereka satu-satu apa mereka sudah hafal.... :-)

Tidak ada komentar: